PERSATUAN GOLF INDONESIA
Pengurus Provinsi Jawa Barat
Indonesia Golf Association for West Java Province
Home Tentang Kami Berita Terbaru Photo Gallery Hubungi Kami
Olympic Jabar Amateur Open Road
The 4th Olympic Jabar Amateur Open (OJAO)
 


Dana dan Ika, Juara OJAO 2018

Dana, pegolf asal Pengkab Karawang dan Ika Woro Palupi, pegolf asal Pengprov Banten menjadi kampiun dalam pergelaran the 4th Olympic Jabar Amateur Open (OJAO) 2018. Keduanya menyalip ke tangga juara pada putaran terakhir yang berlangsung pada 9 Mei di Jagorawi Golf Club (Old Course).

Mengawali putaran ketiga, Dana tertinggal tiga pukulan dari dua pimpinan leaderboard sementara, M. Seandy Alfarabi dan Joyo Paturusi, yang sama-sama mengumpulkan skor177 (3-di atas par) usai menyelesaikan putaran kedua pada Rabu pagi setelah pertandingan ditunda akibat cuaca buruk pada hari kedua (Selasa) sore.

Usai sembilan hole pertama putaran ketiga, Akmin justru mengambil alih puncak leaderboard setelah dua pimpinan sebelumnya tidak menampilkan permainan terbaiknya. Namun, Dana yang secara perlahan-lahan naik ke posisi atas menempati posisi puncak usai membukukan birdie kelimanya di hole 14 dengan empat-di atas par, unggul dua pukulan dari Akmin.

Lalu, Dana makin kokoh di atas dengan 3-di atas par usaihole 16. Sayang di hole 17 ia membuat double bogey, sehingga selisih pukulan dengan Akmin menipis, menjadisatu pukulan. Selisih skor ini kembali berubah setelah Akmin membuat bogey di hole 18, sedangkan Dana menutup hole terakhir dengan par.

“Target saya main di OJAO untuk pertama kalinya ini adalah menang. Karena itu, saya berusaha tampil ngotot di putaran ketiga. Usai birdie (birdie ketiga di putaran ketiga) di hole 9, saya sudah yakin bakal bisa menang, dan di hole 16 saya makin mantap. Alhamdulillah bisa menang,” kata Dana, yang membukukan enam birdie, dikurangi dua double bogey dan satu bogey.

Perjalanan Ika ke tangga juara pun tidak berbeda dengan Dana. Tertinggal dua pukulan dari pimpinan leaderboard Nadya Rosiana yang sudah mengumpulkan 4-di atas par di awal putaran ketiga, Ika akhirnya bisa menyandingi Nadia di posisi puncak setelah sama-sama mencetak skor total 8-di atas par setelah hole 12 dalam putaran terakhir tersebut. Ika bahkan sempat unggul satu pukulan dari Nadia setelah ia membuat birdie di hole 17.

Namun, bogey di 18 kembali membuat Ika mempunyai skor yang sama dengan Nadya. Playoff pun dilakukan untuk memutuskan pemenang. Ika berhasil menghentikan perlawanan Nadya di hole kedua playoff setelah ia mencetak par dan Nadia bogey.

“Jujur saja, saya bermain kurang bagus di putaran ketiga.Banyak pukulan saya yang tidak bersih karena kurang latihan, termasuk putting saya pun kurang menggigit. Namun, saya lega akhirnya bisa menang play-off,” kata Ika, yang mengaku sudah cukup lama tidak terjun di arena kompetitif.

Olympic Jabar Amateur Open 2018 dilaksanakan di Jagorawi Golf & Country Club pada 7-9 May 2018 memasuki penyelenggaraan yang keempatnya kalinya, diikuti 118 peserta yang berasal dari pengprov/pengkab/kota dan klub golf.

“OJAO tahun ini diikuti para pegolf lapis kedua karena para pemain lapis ke satu yang merupakan atlet-atlet yang dipersiapkan untuk Asian Games dalam waktu yang bersamaan sedang mengikuti try out di Malaysia (putra) dan uji coba di Thailand (putri). Bagi kami, ini justru memberikan kesempatan kepada atlet-atlet lapis kedua untuk berprestasi. Bagi atlet-atlet Kabupaten/Kota PGI Jabar, OJAO 2018 ini dijadikan kesempatan untuk uji coba menjelang pelaksanaan PORDA Jabar pada bulan Oktober mendatang,” jelas Dian Mariyun, Wakil Ketua Panitia Pelaksana OJAO 2018.

“Insya Allah tahun depan kita akan menyelenggarakan OJAO kembali karena event ini sudah menjadi kalender primadonanya PGI Jawa Barat yang digelar setiap tahun. Secara tidak langsung, kita--Pengprov PGI Jabar-- memberikan role model bagi Pengprov/Klub dalam menyelenggarakan turnamen prestasi yang baik dan benar,” tambah Dian yang juga merupakan Ketua Bidang Pertandingan Pengprov PGI Jawa Barat.


 

   
  SPECIAL MOMENT


( perbesar photo )

 


( perbesar photo )

 


( perbesar photo )

 


( perbesar photo )

 


( perbesar photo )

 


( perbesar photo )

 


( perbesar photo )